Friday, January 25, 2019

[Review] Buku Kunang-Kunang Kebenaran Di Langit Malam

Buku ini berisi tentang "tuturan anak-anak Pahlawan Revolusi, keluarga korban dan saksi pada peristiwa dini hari 1 Oktober 1965", begitu yang tertulis di sampul depan buku Kunang-Kunang Kebenaran Di Langit Malam. Dan memang begitu adanya, dalam buku ini diceritakan sebagaimana adanya tragedi penculikan G30s/PKI yang disaksikan oleh anak, keluarga dan kerabat Pahlawan Revolusi. Dimulai dari penculikan Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Soeprapto, Jenderal MT. Harjono, Jenderal S. Parman, Jenderal D.I. Pandjaitan, Jenderal Soetoyo S, Lettu Pierre Andrean Tendean dan juga putri dari Jenderal A.H. Nasution yang turut menjadi korban, Ade Irma. Tadinya saya berpikir cerita di buku ini kurang lebih sama dengan filmnya yang sering ditayangkan pada masa orde baru tetapi ternyata ada beberapa bagian yang tidak diceritakan dalam film dan juga tidak ada sosok heroik seperti dalam film.
Foto: Koleksi Pribadi

Cerita dimulai dari kesaksian keluarga yang menceritakan suasana politik pada saat itu, kehidupan sehari-hari korban, tanda-tanda kepergian sampai saat tentara Tjakrabirawa datang untuk membunuh dan menculik Pahlawan Revolusi. Sebagian dari mereka ada yang sudah menyadari penculikan itu sebagian lagi belum. Selanjutnya diceritakan pula bagaimana kesaksian dari Sukitman, seorang polisi yang menjadi saksi hidup dan ikut diculik ke Lubang Buaya tapi kemudian lolos dari kematian. Sukitman bercerita tentang apa saja yang terjadi di Lubang Buaya sampai pada akhirnya ia dapat selamat dari kejadian itu dan bersaksi di pengadilan.

Selain itu, ada juga kesaksian dari pasukan yang mengangkat jenazah para Pahlawan Revolusi, diceritakan secara detail bagaimana kondisinya saat itu, konflik-konflik yang terjadi sebelum dan setelah pengangkatan. Serta diceritakan bagaimana kehidupan keluarga Pahlawan Revolusi setelah kejadian yang merenggut nyawa ayah/suami/putra mereka.

Foto: Koleksi Pribadi

Saya sendiri membaca buku ini karena rasa penasaran dan ingin tahu saya setelah kunjungan ke Monumen Pancasila Sakti kala itu. Buku ini di claim buku langka yang jarang sekali dijual, tetapi saya beruntung menemukannya di toko online langganan saya. Buku yang menarik dengan kata-kata yang ringan. Cerita demi cerita disajikan dengan rapi sehingga kita dapat dengan mudah masuk ke dalamnya.

Baca juga museum Jenderal Ahmad Yani
Baca juga Museum Jenderal A.H Nasution

Judul : Kunang-Kunang Kebenaran di Langit Malam
Diterbitkan oleh Keluarga Pahlawan Revolusi
Cetakan ke : 4, November 2003
Tebal : 227 Halaman

4 comments:

  1. Tentang sejarah ya mbak, btw di toko buku engga ada buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, buku ttg tragedi G30s/PKI, di toko buku offline kayaknya susah carinya, kl di online lumayan banyak kok kak :)

      Delete
  2. Jadi ingin baca bukunya mbak. Penasaran isinya. Makasih reviewnya ....

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komen agar saya bisa berkunjung balik :)