Thursday, December 27, 2018

Review Buku Sapiens: Riwayat singkat umat manusia


Mau ala-ala review buku biarpun masih awam. Sebenarnya saya baca buku ini sudah lama, kira-kira 6 bulan yang lalu jadi mohon maaf kalau kurang lengkap soalnya udah agak lupa. 

Buku ini seperti judulnya menceritakan tentang sejarah singkat umat manusia, jadi kita akan flashback bagaimana kehidupan sebelum manusia modern ini lahir, sebelum adanya teknologi yang canggih dan wilayah-wilayah yang terstruktur.

Baca juga review buku Homo Deus: A brief History of Tomorrow




Dimulai dari nama Sapiens, Sapiens adalah nama salah satu spesies dari genus Homo yang masih tersisa sampai sekarang (yaitu kita). Salah satu? Iya dari sekian banyak spesies seperti Neanderthal, Erectus, Soloensis dan lain-lain. Lalu kenapa hanya Sapiens yang bisa bertahan?

Sapiens dapat bertahan karena salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi. Dengan kemampuan ini sapiens dapat bertukar informasi, memilah teman yang dapat dijadikan satu kelompok dan mendapatkan informasi tentang keberadaan makanan dan hewan buruan. Sapiens dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan sapiens lain dan itulah yang membuat sapiens bertahan sampai saat ini. 


Selain komunikasi, kemampuan imajinasi juga hal yang penting yang dapat membuat sapiens bertahan. Kemampuan tersebut dapat membuat beribu-ribu sapiens mempunyai tujuan yang sama dan akhirnya membuat tindakan yang serempak walaupun individu tersebut tidak saling mengenal.

Dengan kemampuan-kemampuan tersebut sapiens dapat menyingkirkan spesies-spesies lain. Seiring berjalannya waktu dan menguatnya kemampuan, sapiens dapat dan pernah menyingkirkan sapiens lainnya demi memperluas wilayah atau mempertahankan imajinasinya.

Judul : Sapiens Riwayat Singkat Umat Manusia
Penulis: Yuval Noah Harari
Penerbit : Kepustakaan populer Gramedia
Cetakan ke : 4
Tebal : 500 halaman

10 comments:

  1. Dari situ dapat ditarik kesimpulan bahwa sejak dulu peradabannya memang berpolitik.. Berkoloni dan mempunyai suatu tujuan masing-masing. Buku yang menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap betul, dari dulu manusia sudah menciptakan organisasi yg besar dan itu yang membuat manusia bisa bertahan sampai skrg dibanding spesies2 lain. Terima Kasih komennya :)

      Delete
  2. Waaaa ini buku yang lagi kuincer mbak. Makin tertarik untuk beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap recommended bgt sih bukunya,.. Wajib dimasukin daftar buku yg hrs dibaca 2019 :)

      Delete
  3. buku yang bagus untuk koleksi, mbak Bunga.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, recommended untuk dibaca2.. Sama2 mbak Yoharisna :)

      Delete
  4. Ini mirip filmnya Caesar itu aduuh lupa lagi judulnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caesar di dawn of the planet apes of the apes kah yg dimaksud?

      Delete
  5. Membaca nungkilan buku ini (ada page di FB yang menerbitkan buku ini bab demi bab) saya penasaran: bagaimana kalau seandainya spesies-spesies manusia selain Homo sapiens bertahan sampai sekarang. Seru kali ya ada beberapa spesies manusia. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dan konon para ilmuwan sedang berusaha menghidupkan kembali makhluk2 yg sudah punah, diantaranya mammoth dan neanderthal melalui DNA yg telah ditemukan (ini ada di buku Homo Deus), kalo sampai terjadi berarti di masa depan sapiens tidak lg sendiri.

      Delete

Silahkan tinggalkan komen agar saya bisa berkunjung balik :)