Saturday, January 19, 2019

Menengok Isi Museum Bank Indonesia



Pintu masuk museum BI
Minggu lalu saya kembali mengunjungi museum. Kali ini saya mengunjungi museum Bank Indonesia yang letaknya sangat strategis, tidak jauh dari Stasiun Kota. Seperti museum lain, HTM museum ini juga murah meriah, hanya Rp. 5000/org sudah termasuk tiket nonton film. Sebelum masuk museum ini, kita diwajibkan menitipkan tas di tempat penitipan yang sudah disediakan, yang diperbolehkan dibawa ke ruangan hanyalan dompet, handphone dan kamera (pemakaian kamera tanpa blitz). 

Tata tertib di dalam museum

Tiket masuk


Kesan pertama saya masuk museum ini adalah "Wow bagus!" Museum Bank Indonesia jauh dari kesan sepi dan seram. Banyak petugas yang berlalu lalang dan menyambut pengunjung yang datang. Ruangan awal yang kami temui menceritakan tentang sejarah dan latar belakang terbentuknya BI, disini diceritakan dari masa sebelum penjajah datang, masa penjajahan Belanda sampai dengan krisis moneter. Cerita sangat rinci dan lengkap dengan diorama dan foto-foto. 

Diorama perbudakan di Indonesia

Contoh rempah-rempah yang dijual 

Metamorfosa logo BI

Selanjutnya adalah ruang pamer. Diruang pamer ini kita dapat melihat berbagai macam uang dari jaman dahulu sampai sekarang juga uang dari berbagai negara di dunia. Di setiap laci penyimpanan terdapat luv agar kita dapat melihat uang tersebut secara detail. Disini juga kita dapat melihat contoh emas batangan yang dipamerkan.
Ruang pamer uang

Contoh emas

Terakhir kita disuguhkan dengan ruangan-ruangan tempat bekerja para pendiri BI, lengkap dengan diorama. Di ruangan untuk mencari inspirasi juga kita dapat melihat foto-foto para gubernur BI pertama kali sampai dengan sekarang.

Foto para gubernur BI

Dan sampailah kita di ruang untuk menonton film, tapi karena jam untuk menonton masih lama dan perut saya sudah protes, jadinya saya tidak sempat menonton film. Kesan saya untuk museum ini adalah museum yang bagus, luas, modern. Interiornya indah dan banyak spot yang bagus untuk mengambil foto. Jauh dari kesan seram walaupun waktu saya berkunjung bukan pada hari libur tapi pengunjung tetap ramai, juga ada petugas yang berjaga. Menurut saya sih worth it banget untuk ajak keluarga berkunjung ke museum ini.


Musem Bank Indonesia
Alamat : Jl. Pintu Besar Utara No.3 Jakarta Barat, Indonesia
Jam operasional : ​
Selasa - Jumat : 08.00 - 15.30 WIB
Sabtu - Minggu : 08.00 - 16.00 WIB

8 comments:

  1. pernah kesini, menarik sih isinya. Banyak pengetahuan yang bisa didapat.
    tapi lama-lama jadi merinding disko, soalnya makin dalem makin spooky. hihhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya? Menurut saya malah paling ga serem sih museum ini 😂 bikin betah ada disana lama2.. Makasih kak sudah berkunjung ke blog saya :)

      Delete
  2. Museum Bank Indonesia, menurut saya, adalah salah satu pelopor museum modern, yang lebih banyak diorama, ada pojok interaktif, dan lebih menonjolkan alur cerita tertentu. Pas baru pertama buka, saya kagum banget dengan museum ini. Sampai sekarang, menurut saya museum ini keren dan layak banget untuk jadi tujuan wisata keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bgt mbak, saya juga betah dsna lama2.. Paling suka sm konsep buku elektroniknya itu :) makasih mbak udh berkunjung k blog saya :))

      Delete
  3. Keren yah,baru tau dalam gedungnya isinya banyak emas nya...tapi luar gedungnya juga banyak emas2 nya yoh hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok kmrn ksna mah udh rapi gda yg dagang2 di dpnnya, tp ga tau ya kalo sorean sih...

      Delete
  4. Wah keren isinya! Jadi pengen kesana.. Somedaaay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kl k jakarta main2 kesini recommended bgt :))

      Delete

Silahkan tinggalkan komen agar saya bisa berkunjung balik :)