Tuesday, November 27, 2018

Siapkah Kamu untuk Memelihara Hewan?

Belakangan ini saya banyak membaca kasus hewan peliharaan yang terlantar atau dibuang dan itu cukup bikin saya sedih. Ada hewan yang sepanjang hidupnya dikurung di dalam kandang bahkan bersatu dengan kotorannya, ada yang sakit dan tidak diobati, ada juga yang sampai dibuang. Tau ga sih guys, hewan yang kalian buang itu diluar sana nasibnya bisa terancam? Oleh kendaraan yang lalu lalang, hewan predator lain atau oleh manusia yang memperlakukan hewan seenaknya. Belum lagi makanan yang tersedia diluar sangat terbatas dan harus berebut dulu dengan yang lain, tak jarang jadi berantem dan menyebabkan luka-luka ditubuhnya bahkan kematian.

Pic: Александр Ермолаев


Nah, untuk menghindari hal-hal itu, sebaiknya ada yang harus kalian pertimbangkan dulu sebelum memelihara hewan. Selain makanan, minuman, kandang dan perawatan, kesiapan mental juga harus dipikirkan baik-baik. 

1. Pastikan memelihara hewan domestik

Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan apa, pastikan kamu tau hewan apa saja yang boleh dipelihara dan yang tidak boleh dipelihara. Hewan yang boleh dipelihara biasanya hewan yang hidupnya memang bergantung pada manusia, contohnya: kucing, kelinci dan anjing. Jangan sekali-kali kamu berpikir untuk memelihara hewan liar atau dilindungi. Selain dilarang oleh undang-undang juga untuk kesejahteraan hewan tersebut dan juga kamu yang memeliharanya. Nggak mau kan kamu sampai diterkam oleh hewan peliharaan kamu sendiri ? Karena hewan liar habitatnya di hutan bukan di rumah kita ya, guys!

2. Pastikan kamu tahu dan mengerti tentang 5 prinsip kesejahteraan hewan.

Ini penting banget! Kalian harus tahu apa saja hak hewan yang harus terpenuhi, diantaranya adalah:
  • Freedom from hunger and thirst (bebas dari rasa lapar dan haus)
  • Freedom from discomfort (bebas dari rasa tidak nyaman)
  • Freedom from pain, injury and diseases (bebas dari rasa sakit, luka dan penyakit)
  • Freedom from fear and distress (bebas dari rasa takut dan stres)
  • Freedom to express natural behavior (bebas untuk mengekspresikan tingkah-laku alamiah).

Pastikan kalian akan bisa memenuhi hak-hak hewan tersebut demi kesejahteraan hewan itu sendiri.

Pic: thedogstop.com

3. Kemampuan finansial

Setelah kamu memutuskan akan memelihara hewan apa, pikirkan secara finansial apakah kamu mampu merawat hewan tersebut? Hal ini penting karena selain untuk biaya makanan, pasir dan kebutuhan sehari-harinya, dalam merawat hewan tidak selamanya berjalan mulus, kadang hewan kita sakit dan kamu harus membawa dia ke vet untuk diobati, belum lagi biaya untuk suntik vaksin setiap tahunnya. Banyak owner yang tidak siap dengan hal ini dan pada akhirnya jika peliharaannya sakit bukannya diobati malah dibiarkan atau dibuang.

4. Lingkungan yang mendukung

Lingkungan tempat tinggalmu sebaiknya mendukung untuk pelihara hewan, sebaiknya keputusanmu untuk memelihara hewan di dukung oleh anggota keluarga lain yang tinggal satu atap denganmu. Pastikan ada yang merawat hewan tersebut disaat kamu tidak ada di rumah. Selain itu pastikan tempat tinggalmu nyaman untuk hewan peliharaan kamu, tidak dikurung atau diikat seharian dan tidak ada celah untuk kabur. Hewan peliharaanmu bisa bermain diluar rumah hanya dengan pengawasanmu.


Pic: pethelpful.com

5. Hewan bukan mainan

Apabila kamu memelihara hewan hanya karena bentuknya yang imut dan lucu, coba dipikirkan kembali ya. Semua hewan kalau masih kecil pasti imut dan lucu, tapi mereka makhluk hidup yang lama-lama akan tumbuh besar, dewasa dan tua seperti kita. Nah, siapkah kamu merawatnya pada saat hewan kita tidak selucu pada saat anak-anak lagi?
Kalau kamu punya anak dan ingin mengajarkan anakmu tentang hewan peliharaan, sebaiknya awasi baik-baik jangan sampai anakmu membuat hewan tersebut kesakitan atau terganggu, karna hewan juga bisa merasakan sakit dan sewaktu-waktu bisa marah. Ajari anakmu cara menyanyangi hewan, persahabatan dengan hewan, mengelus, memeluk, tanpa mengganggu hewan tersebut.

6. Pentingnya komitmen

Last but not least adalah komitmen. Kamu harus bisa berkomitmen untuk merawat hewan peliharaan kamu sepanjang hidupnya, menemani saat muda dan tua, sehat ataupun sakit. Ini penting banget dan yang jadi masalah utama dibalik banyaknya kasus hewan yang dibuang adalah komitmen ini. Guys, hewan peliharaan itu teman kita, dia pernah menghibur kamu dengan muka dan tingkah lucunya kalo dia tua dan sakit bagian kamu yang menghibur dia ya! Jangan biarkan dia lontang- lantung di jalanan mencari sisa-sisa makanan, kedinginan dan terancam. Andai karena sesuatu hal kamu ga bisa merawatnya lagi, pastikan kamu memberikannya pada orang yang dapat meneruskan kasih sayang kamu, merawat hewan peliharaan kamu dengan baik.

Intinya merawat hewan itu jangan hanya keinginan sesaat ya. Harus ada kasih sayang yang tulus antara kamu dan hewan peliharaanmu. Jadilah owner yang bertanggung jawab dan jadikan hewan peliharaanmu bahagia karena memiliki owner sepertimu.

http://me.me/i

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komen agar saya bisa berkunjung balik :)